Mari Berbagi Di Bulan Ramadhan: Launching Waqaf AL-Quran Bersama Gramedia Merdeka Bandung

Assalamualaikum

Dokumentasi Pribadi

Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinanti oleh umat muslim karena merupakan bulan yang sangat istimewa dimana umat muslim menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh untuk meraih pahala dan ridha Allah SWT, juga untuk mensucikan diri di hari kemenangan. Seperti yang kita ketahui puasa merupakan rukun islam yang keempat, maka ibadah puasa di bulan ramadhan wajib hukumnya bagi umat muslim. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah :183 yang artinya;
“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.”

Makna dalam ayat tersebut bahwa puasa di bulan Ramadhan itu wajib hukumnya sebagaimana orang-orang sebelum kita yaitu ketika zamannya para Nabi yang melakukan ibadah puasa agar kita bisa lebih bertaqwa kepada Allah SWT. Namun, jika kita sedang sakit sehingga tidak mampu untuk melakukan ibadah puasa, wanita yang sedang haid, ibu hamil, ibu menyusui, dan orang yang sedang dalam perjalanan jauh sehingga ia tidak berpuasa maka Allah SWT memberikan keringanan untuk tidak berpuasa namun wajib hukumnya untuk mengganti puasanya di hari-hari yang lain atau dengan membayar fidyah bagi yang berat menjalankannya. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah :184 yang artinya:
“(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barang siapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa, maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi umat muslim, mengapa demikian? Karena sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah :185 yang artinya:
“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). karena itu barang siapa diantara kamu ada dibulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.” 

Keistimewaan bulan Ramadhan tersebut adalah bulan dimana Al-Quran pertama kali diturunkan sebagai petunjuk atau pedoman bagi hidup manusia, selain itu juga bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, penuh ampunan, dibukakannya pintu syurga, ditutupnya pintu neraka, dibelenggunya setan-setan selama bulan Ramadhan sehingga tidak mampu untuk menyesatkan manusia, serta dilipatgandakannya amal kebaikan dibulan Ramadhan. Oleh karena berbagai keistimewaan dari bulan Ramadhan tersebut maka marilah kita bersama-sama untuk selalu berbuat kebaikan dibulan yang penuh berkah ini dengan melakukan ibadah wajib dan sunah secara tekun dan bersungguh-sungguh juga tidak lupa untuk berbagi dengan sesama yang membutuhkan. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah: 195 yang artinya:
“Dan infakkanlah (hartamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) ke dalam kebinasaan dengan tangan sendiri, dan berbuat baiklah. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” 

Dari ayat diatas bisa kita pahami bahwa pentingnya berinfak, atau berbagi dan berbuat baik kepada sesama. Ada berbagai macam cara untuk berbagi dan berbuat baik, salah satunya adalah dengan berbagi ilmu melalui waqaf Al-Quran. Lalu kemana sih kalau ingin mewaqafkan Al-Quran? Wah pokoknya Akang/Teteh tidak usah bingung-bingung lagi deh tinggal langsung saja mendatangi toko buku Gramedia yang berada di jalan Merdeka Bandung.

Dokumentasi Pribadi


Launching Waqaf Al-Quran

Launching waqaf Al-Quran ini diadakan pada tanggal 29 Mei 2017 di lantai 3 toko buku Gramedia Merdeka Bandung yang dihadiri oleh teman-teman Blogger, Komuji, Grasindo, ACT, Cordoba, Global Waqaf, serta tentunya dari Gramedianya sendiri. Program waqaf Al-Quran ini pertama diselenggarakan oleh toko buku Gramedia Merdeka yang kemudian diikuti oleh toko buku Gramedia lainnya. Diharapkan dengan adanya program tersebut bisa memberikan motivasi untuk membentuk program-program lainnya yang bermanfaat. Pembentukan program waqaf Al-Quran ini sebenarnya sudah direncanakan sejak akhir tahun 2016, namun baru bisa terselenggara pada tanggal 29 Mei 2017. Program waqaf Al-Quran yang diselenggarakan oleh toko buku Gramedia ini bekerja sama dengan penerbit Al-Quran berkualitas yaitu Cordoba, Grasindo, ACT (Aksi Cepat Tanggap) dan Global Waqaf sebagai penyalur waqaf Al-Quran tersebut kepada yang berhak menerimanya.

Dokumentasi Pribadi

Program waqaf Al-Quran ini sebagai wadah bagi para waqif yang ingin berwaqaf/mewaqafkan Al-Quran melaluli lembaga yang sudah terpercaya dalam menyalurkannya. Menurut Kang Adi perwakilan dari ACT (Aksi Cepat Tanggap) waqaf ini sebagai instrumen yang tidak akan pernah putus, waqaf juga sebagai shodaqoh yang tertinggi, oleh karena itu harus ada edukasi mengenai waqaf agar masyarakat yang mampu paham akan pentingnya berwaqaf. Kang Adi juga menambahkan bahwa ini adalah pertama kalinya ACT bekerja sama untuk melakukan program waqaf Al-Quran karena sebelumnya ACT belum pernah bekerja sama dengan lembaga lain untuk program ini.

Berbicara soal ACT, apa sih ACT itu? ACT adalah kepanjangan dari Aksi Cepat Tanggap yang berdiri sejak tahun 2005 dan telah diakui legalitasnya menjadi lembaga kemanusiaan pertama yang berbasis pengelolaan bencana. Pada tahun 2009/2010 ACT menjadi sebuah lembaga kemanusian dengan berbasis yang lebih luas, tidak hanya sebagai pengelolaan bencana. ACT pun sudah memiliki 10 cabang dan program kemanusiaannya telah hadir di 35 Negara, diantaranya adalah Suriah, Somalia, Sudan, Nigeria, Yaman, Cina, Nepal, dll.

Di Indonesia sendiri lebih tepatnya di daerah Sumatera, ACT memiliki program Foodtruck. Apa sish foodtruck itu? Foodtruck adalah salah satu program kemanusiaan dari ACT yang tujuannya adalah berbagi makanan untuk kaum dhuafa, fakir miskin agar mereka pun bisa menikmati makanan yang higienis, enak dan bergizi. Untuk memasak menu makanan dalam program foodtruck ini pun ACT tidak asal-asalan dalam memilih tukang masak atau chef, akan tetapi ACT mendatangkan chef terbaik yang biasa menangani resto mahal atau chef dari hotel berbintang yang dengan tulus hati mengabdikan dirinya untuk memasak bagi kaum dhuafa atau fakir miskin. Peralatan yang disediakan untuk memasaknya pun bukan peralatan yang biasa biasa, begitupun untuk penyajian makanannya sangat diperhatikan untuk disajikan dengan bagus dan tidak asal-asalan. Sungguh luar biasa ya program dari ACT ini, dan kabar baiknya adalah ACT pun berencana untuk membuat mini foodtruck di Bandung. Waahhh semoga segera terlaksana yah, agar masyarakat Bandung yang tidak mampu bisa ikut mencicipi makanan yang enak, bergizi dan dimasak langsung oleh chef hebat. Aamiin. Itulah sekilas mengenai ACT, sekarang kita kembali ke laptop, hehehe.

Untuk waqaf Al-Quran yang telah disalurkan kurang lebih sebanyak 200 eksemplar yang telah diterima oleh masjid-masjid dan pesantren. Pesantren Tahfidz Hidayatulloh yang berada di Cimuncang, Padasuka, Kota Bandung merupakan pesantren pertama yang telah menerima waqaf, dan 10 Mesjid yang berada di Andir. Dalam kesempatan itu hadir pula Kang Deden perwakilan dari Komuji untuk menerima waqaf Al-Quran. Ada yang sudah tau Komuji itu apa? Komuji adalah kepanjangan dari Komunitas Musisi Mengaji. Bagaimana Komuji ini bisa tercipta? Menurut Kang Deden Komuji hadir sebagai respon untuk teman-teman musisi yang sudah mulai menurun tingkat spiritualnya, karena menurutnya meskipun seorang musisi mencari berbagai macam ide-ide briliant untuk sebuah karyanya, namun tetap saja pencarian tertinggi adalah agamanya. Oleh karena itu lah hadirnya Komuji tersebut sebagai wadah untuk para musisi melakukan aktivitas mengaji secara bersama-sama. Komuji ini juga sudah bekerjasama dengan toko buku Gramedia loh untuk membuka kelas mengaji dan mengkaji tafsir Al-Quran yang diselenggarakan di lantai 3 Gramedia Merdeka setiap hari, dimulai dari tanggal 1 hingga 20 Ramadhan pada jam 13.00 - 15.00 WIB. Buat musisi aja yah kelas mengajinya? Oh tentu tidak dong, kelas mengaji dan mengkaji tafsir Al-Quran ini terbuka untuk siapa saja yang ingin sama-sama belajar, mau tua ataupun muda boleh ikutan bergabung, pokoknya tidak ada batasan umur dan kalangan. Oiya selain di Gramedia, Komuji juga rutin mengadakan pengajiannya dua minggu sekali di salah satu cafe yang berada di daerah Dipatiukur setiap hari Sabtu.

Dokumentasi Pribadi

Di penguhujung acara launching tersebut, ternyata para peserta yang hadir alhamdulillah diberi hadiah sebuah Al-Quran dari Cordoba. Ada yang belum tau Cordoba? Cordoba adalah salah satu penerbit Al-Quran yang berkualitas di Indonesia. Ada banyak model cetakan Al-Quran yang diterbitkan oleh Cordoba, seperti Al-Quran Mushaf Tahfiz, Al-Quran Hafalan Cepat Al-Hafidz, Al-Quran Tajwid Mudah Tartil, Al-Quran Tahfidz Junior, Al-Quran yang berukuran jumbo, dan masih banyak lagi. Pada saat acara launching tersebut alhamdulillah saya mendapatkan Al-Quran Hafalan Cepat Al-Hafiz dan Al-Quran Tajwid Mudah Tartil.

Dokumentasi Pribadi

Al-Quran Hafalan Cepat Al-Hafiz adalah Al-Quran hafalan metode 3 jam dalam satu hari. Metode tersebut merupakan cara menghafal Al-Quran dengan membagi tiga bagian ayat-ayat dalam satu halaman berdasarkan tiga blok warna berbeda. Ayat-ayat yang terdapat dalam blok warna masing-masing tersebut dibaca dan di murojaah (dihafal) secara berulang sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Al-Quran Hafalan Cepat Al-Hafiz ini disusun berdasarkan pengalaman para penghafal AlQuran yang memudahkan, dengan hanya 3 jam saja, bisa menghafal Al-Quran satu halaman dengan sempurna.* Ada panduan praktiknya juga loh untuk memudahkan kita ketika sedang menghafal.

Al-Quran Tajwid Mudah Tartil adalah Al-Quran yang diterbitkan oleh Cordoba sebagai inovasi belajar tajwid dengan cara belajar di setiap baris ayat Al-Quran, yang menjelaskan lebih dari 40 hukum-hukum tajwid secara praktis dan mudah dengan bantuan kode alfabet diatas warna-warna hukum tajwid (dalam khat). Kode-kode tajwid itu sebagai metode kaitan, yang dijelaskan secara praktis di samping kana/kiri ayat. Dalam Al-Quran ini juga dilampirkan penjelasan hukum-hukum tajwid berdasarkan alfabet dan bisa juga kita mendapatkan penjelasan lebih detail melalui audio Pen, karena Al-Quran ini bisa dibaca pula dengan Pen elektronik.*

Dokumentasi Pribadi

Gimana Akang/Teteh? Luar biasa sekali yah, dengan berbagai macam model Al-Quran yang diterbitkan oleh Cordoba tersebut tentunya bisa di sesuaikan dengan kebutuhan kita. Karena dalam membaca Al-Quran tentu saja kita perlu membacanya dengan makhraj yang benar dan selain itu kita juga harus bisa memahami arti dari setiap ayat tersebut. 

*Sumber qurancordoba.com



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dua Masa di Mata Fe

Bukber Kece Bareng Blogger Bandung di Kampoeng Preanger