Peran Netizen Dalam Mendukung Persatuan Indonesia Melalui Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan
 
Dokumentasi Pribadi

Assalamualaikum,

Pada hari Sabtu, 20 Mei 2017 alhamdulillah saya berkesempatan untuk menghadiri Gathering Netizen bersama MPR RI di Hotel Novotel Bandung untuk membahas tentang “Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan”. Peserta dihadiri oleh teman-teman dari blogger yang tidak hanya datang dari Bandung, akan tetapi ada juga dari luar kota yaitu dari Cirebon, Indramayu, Garut, Purwakarta, dll. Selain itu ada juga dari beberapa teman-teman dari media online dan televisi yang ikut menghadiri acara tersebut. Sebagai narasumber ada Kang Aswi sebagai Ketua Blogger Bandung, Ibu Titi selaku Kepala Biro Humas MPR RI, Ibu Raras selaku Kepala Bagian Pemberitaan, Hubungan Antar Lembaga & Layanan Informasi MPR RI, Mas Andri selaku Kepala Bagian Pengolahan Data dan Sistem Informasi MPR RI yang juga sebagai moderator dalam acara, dan Bapak Ma’ruf Cahyono selaku Sekretaris Jenderal MPR RI.

Dokumentasi Pribadi

Diskusi yang kami lakukan pada kesempatan itu merupakan diskusi yang dilakukan secara santai dan penuh kekeluargaan. Pada awal acara Kang Aswi berkesempatan untuk memberikan sambutan, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa jarang sekali ada instansi pemerintahan yang memberikan kesempatan kepada para netizen yang dalam hal ini adalah para blogger untuk berdiskusi secara langsung seperti yang diadakan oleh MPR RI. Kang Aswi juga berharap bahwa kedepannya akan ada lagi diskusi-diskusi bermanfaat lainnya bersama para instansi pemerintah dan diharapkan informasi yang didapatkan dalam kegiatan diskusi tersebut bisa disampaikan kembali kepada masyarakat luas.

Dokumentasi Pribadi

Menurut Ibu Titi, sosialisasi empat pilar kebangsaan itu penting bagi kedaulatan Indonesia, jangan sampai memiliki kesan bahwa empat pilar tersebut hanya dimiliki oleh satu kalangan saja, padahal empat pilar ini harus ada di seluruh kalangan, terlebih bagi para netizen yang dalam hal ini adalah kami para blogger. Para blogger bisa bantu mensosialisasikan empat pilar kebangsaan tersebut lewat tulisannya, misalnya dalam tulisannya itu ada unsur Pancasilanya, NKRI nya, Undang-undangnya, walaupun hanya dalam satu kata.
 
Dokumentasi Pribadi


MPR RI mulai bekerja sama dengan blogger kira-kira sejak dua tahun yang lalu dengan jumlah blogger sebanyak 50 orang yang berasal dari Jabodetabek. Sosialialisasi empat pilar kebangsaan ini sebelumnya sudah pernah diadakan di beberapa kota besar diantaranya, Solo, Jogja, Jakarta, Makasar, Palembang, dan untuk pertama kalinya pada tahun 2017 sosialisasi empat pilar kebangsaan diselenggarakan di Bandung.

Dokumentasi Pribadi

Jika kita berbicara tentang empat pilar kebangsaan, sebelumnya kita harus memahami dulu apa sih itu pilar? Pilar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia a
dalah tiang penguat, maka dapat kita artikan bahwa empat pilar kebangsaan itu adalah empat pokok penting yang harus dimiliki oleh suatu negara sebagai tiang penguat dalam membentuk dan menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Lalu empat pilar kebangsaan itu apa saja sih?

1. Pancasila
Pancasila sebagai ideologi negara, dasar negara, pandangan hidup bernegara, dan sumber dari segala sumber hukum tentunya harus kita pahami makna dari kelima butir pancasila tersebut, agar kita bisa mengimplementasikannya secara benar dalam kehidupan sehari-hari.
2. UUD 1945
UUD 1945 yang merupakan sumber hukum tertinggi dan fundamental yang tidak hanya memuat dokumen hukum akan tetapi juga mengandung pandangan hidup, cita-cita, dan falsafah yang merupakan nilai-nilai luhur bangsa dan menjadi landasan dalam penyelenggaraan negara. Oleh karena itu pentingnya masyarakat mengetahui dan memahami isi dari UUD 1945 sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsan dan bernegara.
3. NKRI
Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk Republik yang selanjutnya dikenal dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Negara Indonesia disebut juga negara kepulauan yang terdiri dari banyak pulau/wilayah dengan keanekaragaman budaya, adat istiadat, suku, bahasa daerah dan keyakinan memiliki tujuan dasar menjadi bangsa yang merdeka, berdaulat, bersatu adil dan makmur.
4. Bhineka Tunggal Ika
Bhineka tunggal ika yang merupakan semboyan dari negara Indonesia menjelaskan bahwa meski negara Indonesia negara kepulauan yang memiliki keanekaragaman budaya, adat istiadat, suku, bahasa daerah dan keyakinan namun Indonesia tetap satu, persatuan Indonesia yang memiliki tujuan bersama yaitu kemerdekaan, kesejahteraan dan kemakmuran bangsa.

Keempat pilar tersebut wajib diperkenalkan dan ditanamkan sejak usia dini untuk menumbuhkan rasa cinta dan peduli pada tanah air Indonesia dengan membiasakan anak untuk menghormati yang lebih tua, menghargai adanya perbedaan, tidak saling menyakiti, memiliki rasa berbagi, mencintai budaya dan bahasa Indonesia. Dan sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan empat pilar kebangsaan sejak usia dini, MPR RI telah membuat dan mencetak komik tentang empat pilar kebangsaan pada tahun 2010 untuk dibagikan kepada anak usia PAUD dan Sekolah Dasar. Pembuatan komik tersebut diharapkan bisa menjadi suatu metode atau cara agar sejak usia dini sudah bisa memahami nilai dan makna dari empat pilar tersebut secara sederhana.

Selanjutnya untuk mendukung program tersebut, MPR RI juga menyelenggarakan lomba mewarnai di tingkat Sekolah Dasar dengan tema empat pilar kebangsaan , lomba cerdas cermat di tingkat Sekolah Menengah Atas dengan tema memahami dan menghafal materi empat pilar kebangsaan, kegiatan berkemah dan outbond di tingkat Perguruan Tinggi, mengadakan pertunjukan kebudayaan bagi masyarakat dan mengadakan acara gathering bersama para netizen untuk membahas sosialisasi empat pilar kebangsaan.

Dokumentasi Pribadi

Lalu apasih peran netizen dalam sosialisasi empat pilar ini? Menurut Bapak Ma’ruf Cahyono netizen adalah alat untuk menjembatani antara MPR RI dengan masyarakat luas agar masyarakat paham akan empat pilar kebangsaan ini. Netizen yang identik dengan internet dan sosial media dihimbau untuk bisa lebih bijak dan bertanggung jawab ketika menggunakan akunnya untuk memposting segala sesuatu. Jangan asal memposting atau share segala sesuatu yang belum jelas kebenarannya alias berita hoax yang akhirnya akan menyebabkan konflik dan perpecahan. Gunakanlah akun sosial media kita untuk hal-hal yang lebih bermanfaat dengan memposting atau share yang bisa menciptakan rasa cinta pada tanah air semakin tinggi, rasa persatuan dan kesatuan, rasa tolong menolong dengan sesama, memperkenalkan berbagai budaya atau ciri khas suatu daerah, pentingnya pendidikan, dan banyak lagi hal yang bermanfaat lainnya.
 
Dokumentasi Pribadi 
Dengan adanya sosialisasi empat pilar kebangsaan ke berbagai kalangan tersebut diharapkan perbedaan bukanlah menjadi sebuah ancaman untuk memecah belah bangsa kita, namun sebagai keragaman untuk Indonesia yang indah, selain itu juga diharapkan MPR RI bisa lebih dekat lagi dengan masyarakat, bisa lebih dikenal oleh masyarakat, masyarakat bisa lebih memahami tugas dan wewenang dari MPR RI atau lembaga pemerintah lainnya, sehingga masyarakat bisa lebih percaya dan turut andil dalam mengawasi kehidupan berbangsa dan bernegara.



x

Komentar

  1. Niatnya bagus, mudah-mudahan sosialiasinya nyampe ke masyarakat luas seluas-luasnya. Abisnya kondisi politik di negara ini lagi riweuh, relevan banget sih kalo 4 Pilar itu dipake sebagai pedoman bernegara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin,, iyah ya teh kondisi politiknya lg rumit,, dgn kembali memberikan pemahaman 4 pilar semoga keadaan politik kita bisa semakin baik,, makasih teteh sudah berkunjung 😍

      Hapus
  2. Tidak saling menyakiti itu tuh salah satu poin yang masih susah dipupuk. Karena, terkadang manusia suka nggak sadar kalau tindakan atau ucapannya menyakiti orang lain. Kemudian poin berbagi kepada sesama, masih peer juga, karena banyaknya yang berbagi unsur SARA dan berita hoax. Semoga ke depannya, dengan semakin sering MPR RI mensosialisasikan 4 pilar, negeri ini bisa kembali tentram dan menghargai perbedaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah betul sekali teh, terkadang kita ga sadar kalau ucapan dan perbuatan kita sudah menyakiti org lain, bisa teman, saudara ataupun yg baru kenal, terkadang saat sedang bercanda pun suka ada yg merasa tersakiti padahal niatnya sedang bercanda,, iya berbagi sesuatu yg sedang membooming suka lebih disukai padahal itu berita yg belum tentu kebenarannya,, aamiin ya teh,, makasih sudah berkunjung 😍

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dua Masa di Mata Fe

Bukber Kece Bareng Blogger Bandung di Kampoeng Preanger